BERITA

PENYULUHAN GERMAS DI KELURAHAN MERGOSONO OLEH TIM PUSKESMAS ARJOWINANGUN

Senin, 23 Mei 2022 Pukul 08.30, Tim dari Puskesmas Arjowinangun bersama dengan mahasiswa D-IV Promosi Kesehatan Masyarakat Poltekkes Kemenkes Malang menuju ke salah satu rumah warga di Wilayah Posyandu Nuri Kelurahan Mergosono. Kedatangan tim bertujuan untuk melakukan penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau biasa dikenal dengan istilah GERMAS. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu kader Posyandu Nuri, Ibu Balita, dan Ibu RW. Walaupun kegiatan ini dilakukan di dalam rumah warga, namun tidak menyurutkan antusias peserta untuk mengikuti kegiatan hingga selesai. Sebagian ibu-ibu rela duduk di luar rumah demi menyimak materi yang disampaikan oleh Pemateri.

Acara dibuka dengan materi stunting yang disampaikan oleh Mahasiswa PKL dan dilanjutkan oleh Petugas Puskesmas dengan menambahkan materi GERMAS. Pada sesi diskusi para peserta terlihat sangat antusias dan beberapa orang melontarkan pertanyaan kepada pemateri. Sebelum acara ditutup, Petugas Puskesmas memberikan tambahan informasi mengenai hepatitis akut misterius yang sedang hangat dibicarakan. 

Pukul 18.30, Petugas melanjutkan acara penyuluhan GERMAS di tempat berbeda, yakni Posyandu Kutilang Kelurahan Mergosono. Kali ini bukan hanya ibu-ibu yang hadir, namun bapak-bapak perangkat kelurahan turut meramaikan acara. Acara dibuka oleh sambutan dari Bapak Drs. Subagyo selaku Ketua RW 03 Kelurahan Mergosono. Dalam sambutannya, beliau menyematkan pesan kepada warganya untuk selalu menerapkan hidup sehat. Petugas memberikan materi yang sama seperti pada kegiatan di pagi hari. Kegiatan berlangsung sekitar 60 menit dan ditutup dengan foto bersama.