ARTIKEL

Vitamin A: Mikronutrien Esensial Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tahukah anda mengapa Vitamin A sangat penting dan apa manfaatnya bagi kita? Yuk simak ulasan berikut ini.

Vitamin A atau biasa disebut dengan retinol, retinal atau asam retinal merupakan senyawa organik tak jenuh dengan ikatan rangkap dengan elemen utama dari struktur kimianya adalah karbon.

Vitamin A merupakan mikronutrien esensial yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan meningkatkan sistem imun. Akan tetapi, vitamin A tidak dapat diproduksi dalam tubuh manusia, sehingga harus dipenuhi dari sumber makanan sehari-hari.

Vitamin A terkandung dalam sayur dan buah-buahan berwarna seperti pepaya, mangga, semangka, melon, labu kuning, wortel, tomat, bayam, kelor, brokoli, kol, dan kacang polong. Sedangkan dari sumber hewani, vitamin A dapat diperoleh dari daging ayam, telur, ikan, daging sapi, dan hati sapi. Selain itu, vitamin A juga terdapat dalam makanan yang diperkaya (fortifikasi) dengan Vitamin A seperti minyak goreng, margarin, dan susu.  Vitamin A adalah vitamin yang larut lemak, maka agar dapat terserap secara maksimal oleh tubuh, bisa dengan cara mengolah makanan sumber vitamin A menggunakan lemak. Misalnya menumis sayur dengan minyak goreng, mentega, margarin atau membuat salad buah dengan salad dressing atau menambahkan parutan keju.

Kekurangan vitamin A menyebabkan penurunan fungsi imun, gangguan penglihatan, dan kurang optimalnya tumbuh kembang anak. Selain itu, terjadinya penyakit infeksi seperti diare, campak, dan ISPA seringkali dikaitkan dengan defisiensi Vitamin A.

Berikut adalah beberapa kelompok yang rentan mengalami defisiensi Vitamin A.

  1. Bayi lahir prematur yang berisiko kurang asupan vitamin A selama dalam kandungan.
  2. Ibu nifas yang kekurangan vitamin A akibat produksi asi dan selama menyusui.
  3. Orang dengan penyakit seperti malabsorpsi produksi empedu akibat kelainan genetik dan penyakit saluran pernafasan.
  4. Orang yang kekurangan sumber makanan yang mengandung vitamin A.
  5. Orang yang mengkonsumsi alkohol.

Bulan Vitamin A bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada bayi dan balita secara gratis. Pada bulan ini dilakukan pembagian suplementasi Vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) pada bayi usia 6 – 11 bulan dan Vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU) pada anak usia 12 – 59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga diberikan pada ibu nifas.

Bayi usia 6 – 11 bulan diberikan Vitamin A satu kali pada bulan Februari atau Agustus. Sedangkan untuk usia 12 – 59 bulan diberikan dua kali pada bulan Februari dan Agustus.

Vitamin A dapat diperoleh secara gratis di Posyandu dan Puskesmas. Jadi jangan lupa untuk datang ke posyandu atau puskesmas pada Bulan Februari dan Agustus untuk mendapatkan Vitamin A ya..

REFERENSI

Chopra, M., Witten, C., & Drimie, S. (2009). Global alliance for improved nutrition (GAIN) (Vol. 1). Working Paper Number

Kemenkes RI. 2022. Bulan Vitamin A. Diakases dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/bulan-vitamin-a#

Khalid et.al. 2020. An insight to Vitamin A: A neglected vitamin.  EAS Journal of Nutrition and Food Sciences 2(3):107-128. DOI: 10.36349/easjnfs.2020.v02i03.016

Maulida A., & Pramono, A.,. 2015. Gambaran Asupan Vitamin A, Kadar Serum Seng, dan Status Gizi Pada Anak Usia 9-12 Tahun. Journal of Nutrition College 4(2): 323-328.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *