BERITA

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT)

Jum’at, 27 Mei 2022 Kegiatan GEMA CERMAT di Puskesmas Arjowinangun dihadiri oleh perwakilan kader posyandu dari perwakilan Kelurahan Arjowinangun, Tlogowaru, Bumiayu, dan Mergosono. GEMA CERMAT merupakan upaya bersama antar pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menggunakan obat. Tujuan dari GEMA CERMAT adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan obat secara benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar, serta nantinya diharapkan akan meningkatkan penggunaan obat secara rasional di masyarakat.

Saat ini masalah kesehatan terkait penggunaan obat di masyarakat terkait dengan pemakaian obat secara berlebihan (overuse), penggunaan obat yang kurang (underuse), pemakaian obat yang tidak tepat, gencarnya iklan obat sehingga masyarakat melakukan swamedikasi. Oleh karena itu pada pertemuan kali ini, para kader diberikan informasi mengenai penggunaan obat secara tepat. Mulai dari cara membaca informasi obat dengan cermat, membedakan obat generik dan paten, cara menyimpan obat, mengenali obat kadaluarsa, hingga cara membuang obat dengan benar. 

Selain itu, Ibu Ria Puspita, S.Farm. Apt selaku narasumber pada pertemuan kali ini menambahkan informasi mengenai antibiotik. “Antibiotik hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Menggunakan antibiotik tanpa indikasi akan memicu terjadinya resistensi bakteri”, begitu pesan Ibu Ria Puspita, S.Farm. Apt kepada para audiens. Beliau juga menambahkan bahwa penyakit-penyakit tertentu tidak perlu antibiotik seperti flu, batuk, dan diare. Sehingga tidak perlu menyimpan antibiotik sebagai persediaan di rumah.