ARTIKEL

Waspadai Penyakit yang Sering Mucul Saat Musim Hujan

Halo Nawak Tahes!

Musim hujan biasanya menjadi musim yang ditunggu setelah melewati masa kemarau yang panjang.

Namun nawak tahes harus tetap waspada ya karena ada beberapa penyakit yang seringkali muncul saat musim penghujan lho.

Penyakit apa aja sih kira-kira?

Pertama adalah influenza atau biasa dikenal dengan flu. Influenza biasanya menimbulkan gejala berupa demam, lemas, lesu, bersin, dan nyeri otot serta persendian. Influenza bisa dicegah dengan istirahat yang cukup, perbanyak konsumsi buah dan sayur, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta gunakan masker saat terkena flu.

Selanjutnya adalah demam berdarah dengue atau DBD. Kasus DBD cenderung meningkat saat musim hujan karena kondisi lingkungan yang mendukung nyamuk untuk berkembang biak. DBD dapat dicegah dengan menerapkan 3M Plus yaitu menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang-barang bekas Plus mencegah gigitan den perkembangbiakan nyamuk.

Ketiga adalah diare. Diare merupakan gangguan pencernaan ditandai dengan BAB encer atau cair lebih dari 3 kali dalam sehari. Diare dapat dicegah dengan cara menggunakan air bersih, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, konsumsi makanan yang bersih dan matang, serta buang air besar/kecil di jamban.

Itu dari beberapa penyakit yang sering muncul di musim hujan ya nawak tahes. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *