BERITA

Penyelidikan Epidemiologi Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Bumiayu

Rabu, 13 Desember 2023 Petugas Puskesmas Arjowinangun bersama dengan Ibu Lurah Bumiayu, Kasie PM Kelurahan Bumiayu, Kader Kesehatan, dan Ketua RW 04 melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) di RT 09 RW 04 Kelurahan Bumiayu akibat adanya kasus demam berdarah yang menyerang salah satu warga.

Salah satu upaya penanggulangan kasus DBD adalah melalui penyelidikan epidemiologi agar menekan potensi penularan dan mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) di wilayah tersebut. PE DBD merupakan kegiatan pencarian penderita atau tersangka lainnya, serta pemeriksaan jentik nyamuk penular DBD dirumah penderita dan rumah-rumah sekitarnya dalam radius sekurang-kurangnya 100 meter.

Kali ini petugas melakukan kunjungan ke 20 rumah di sekitar penderita dan memeriksa ada atau tidaknya jentik di bak mandi atau di tempat lain yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Selain itu petugas juga menyampaikan informasi tentang penyakit DBD dan pencegahannya yaitu dengan menerapkan 3M Plus yakni menguras dan menutup bak mandi/tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas, plus mencegah gigitan dan perkembang biakan nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *